Pengenalan OSI LAYER

Assalamualaikum Wr. Wb.

Semangat pagi sobat, pada training CCNA kai ini membahas mengenai OSI LAYER.

A. Pengertian:

Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).

B. Latar Belakang:

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kembali mengenai OSI LAYER. OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model). Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.

C. Alat dan Bahan:
  • Komputer / Laptop.
  • Koneksi Internet.
D. Maksud dan Tujuan:
  • Kita dapat mengetahui apa itu OSI LAYER.
  • Kita dapat mengetahui perangkat-perangkat yang termasuk kedalam OSI LAYER.
  • Mengetahui karaktristis OSI LAYER.
E. Pembahasan:
  • OSI LAYER terdapat 7 macam:
1. Physcal Layer :

yaitu fisik dari sebuah komputer seperti komponen hadware seperti kabel ,wirreles, kabel ,Hub, NIC, conektor .Dan memiliki fungsi bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media (seperti kabel) dan menjaga koneksi fisik antar system.Bemtuk datanya fisik

2.Data link Layer:
 
Pada layer ini berfungsi bertanggung jawab mengangkut dalam jaringan .Data link memiliki 2 sub-lapisan yaitu Logical Link control (LLC), dan Media Acces Control (MAC) address. Bentuk datanya frames .

3.Network Layer :
 
Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch dilayer 3.Bentuk datanya adalah paket
-Routing menentukan jalur terbaik untuk tujuan tertentu kemudian dirute kejalan tertentu.

4.Transport Layer:

Pada layer ini berfungsi memecahkan data ke paket paket dan memberikan nomor urut terhadap paket tersebut sehingga dapat disusun kembali sesuai dengan paket yang diterimanya. Protocol yang digunakan yaitu TCP UDP.

5.Sesion Layer :
 
Bertanggung jawab untuk membangun, mempertahankan dan mengakhiri sesi sementara yang rusak.Selain itu dilevel ini juga dilakukan resolusi nama.Menjaga datanya agar selalu berjalan dengan baik.

6.Presentasion Layer:
 
Lapisan presentasi ini berfungsi menampilkan format data agar dikenali oleh penerima yang lain dan menyediakan sebuah compresi data atau menyediakan enkripsi.


7.Application Layer:
 
Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan , mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan kemudian membuat pesan pesan kesalahan .Atau Berinteraksi dengan network
Protokol yang berada dalam aplikasi ini adalah HTTP,FTP,SMTP,dan NFS.

--> TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol  )

TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-
menukar data dari satu komputer ke komputer di dalam jaringan internet. Denga kata lain TCP/IP adalah
sekumpulan protokol yang didesain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada WAN (Wide Area
Network).

-->Dalam TCP/IP terdapat 4 protocol 

1.Network Interfaces Layer:
 
Bertanggung jawab untuk meletakan frame-frame jaringan diatas media jaringan yang diguanakan .Tcp/Ip dapat bekerja dengan teknologi LAN (seperti halnya Ethernet ),  MANdan WAN (sepertinya dial-up modem berjalan diatas public). 
 2.Internet Layer :
 
Bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan(routing) dan enkapsulasi paket paket data jaringan menjadi paket paket data IP. Protocol yang bekerja dalam lapisan ini adalah IP,ARP,IGMP.
 3. Transport Layer:
 
 Berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connectoin-oriented .Protocol yang digunakan TCP &UDP.
4.Aplicattion Layer:
 
Berguna bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP.
Protocol ini mencangkup DHCP, DNS, HTTP,FTP,SMTP.
 
F. Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI

http://septianatelkom.blogspot.co.id/2016/08/pengenalan-osi-layer-bersama-adres.html

G. Penutup:

Sekian dari saya semoga bermanfaat. Amin..!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »