Mengenal Constructors dan Destructors

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai sobat "Semangat Pagi", kembali lagi dengan blog saya kali ini share materi tentang constructors dan destructors.


  
  • Pengertian:
  1. Constructor (bahasa indonesia: konstruktor) adalah method khusus yang akan dijalankan secara otomatis pada saat sebuah objek dibuat (instansiasi), yakni ketika perintah “new” dijalankan. Constructor biasa digunakan untuk membuat proses awal dalam mempersiapkan objek, seperti memberi nilai awal kepada property, memanggil method internal dan beberapa proses lain yang digunakan untuk ‘mempersiapkan’ objek. Dalam PHP, constructor dibuat menggunakan method : __construct().
  2. Destructor (bahasa indonesia: destruktor) adalah method khusus yang dijalankan secara otomatis pada saat sebuah objek dihapus. Di dalam PHP, seluruh objek secara otomatis dihapus ketika halaman PHP dimana objek itu berada selesai diproses. Tetapi kita juga dapat menghapus objek secara manual. Destructor biasanya digunakan untuk ‘membersihkan’ beberapa variabel, atau menjalankan proses tertentu sebelum objek dihapus.
    Dalam PHP, destructor dibuat menggunakan method : __destruct().    
  • Latar Belakang: 
Saat ini konsep object oriented programming (OOP) sudah semakin berkembang. Hampir setiap perguruan tinggi di dunia mengajarkan konsep OOP. OOP bukanlah sekedar cara penulisan sintak program yang berbeda, namun lebih dari itu, OOP merupakan cara pandang dalam menganalisa sistem dan permasalahan pemograman. OOP menyediakan model dimana program  merupakan kumpulan obyek yang berinteraksi satu sama lain.
  •  Alat dan Bahan:
  1. Komputer / Laptop.
  2. Sublime Text.
  3. Koneksi Internet.
  • Maksud dan Tujuan:
Agar kita mengetahui fungsi contructors dan destructors dan mengetahui  proses kerjanya.
  •  Tahap Pelaksanaan:
  1. Buka sublime text.
  2. Ketikkan syntax seperti dibawah ini:
       3. Dan inilah hasilnya:

 
  • Referensi: 
http://phphostingindonesia.com/511/
  • Penutup:   
Demikianlah pembahasan singkat menfenai contructors dan destructors dalam PHP. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »