Belajar Bootstrap

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai kawan, kali ini share materi bootstrap. Apa itu bootstrap?. Yuk belajar bersama mengenai bootstrap

  • Pengertian:
 Bootstrap adalah framework HTML & CSS, yang berfungsi untuk situs web dan aplikasi web. Bootstrap berisi HTML - dan CSS desain berbasis template untuk tipografi , bentuk, tombol, navigasi dan komponen antarmuka lainnya, serta opsional JavaScript ekstensi. 

  • Latar Belakang:
Pada saat ini dunia industri dan bisnis memerlukan informasi yang tepat, cepat dan relevan. Untuk mendapatkan informasi yang diinginkan tentunya harus menggunakan sistem informasi.
Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan. Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya.
  • Sejarah Bootstrap:
Pada tahun 2011, Bootstrap diciptakan oleh 2 orang programmer di twitter, yaitu Mark Otto dan Jacob Thornton. Pada saat itu, para programmer di twitter menggunakan berbagai macam tool dan library yang mereka kenal dan senangi untuk mempermudah pekerjaan mereka, sehingga tidak ada standarisasi  dan akibatnya susah untuk di maintance. Setelah itu Mark Otto dan Jacob Thornton bergerak untuk menciptakan satu tools atau framework yang dapat digunakan bersama di lingkungan internal twitter.

Sejak diluncurkan pada bulan agustus 2011, bootstrap telah berevolusi dari sebuah project yang berbasis CSS menjadi sebuah tools atau framework yang lebih lengkap dan juga berisi Javascript Plugin, Icon, Form, dan Button. pada bulan januari 2012, bootstrap merelease versi 2.0 yang di dalamnya sudah memasukkan fitur responsive layout. Pada bulan agustus 2014, Bootstrap mengeluarkan versi 3.0 yang didalamnya sudah mengakomodasi "mobile first" artinya didalam pembuatan desain website maka kita merancang untuk layar yang kecil dahulu (handphone), kemudaian secara bertahap menambahkan fitur-fitur untuk layar yang lebih besar (seperti tablet).

Dan pada 19 agustus 2015 bootstrap mirilis versi 4 alpha dengan fitur Moved from Less to Sass, Improved grid system, Opt-in flexbox support is here, Dropped wells, thumbnails, and panels for cards, Consolidated all our HTML resets into a new module, Reboot, Brand new customization options, Dropped IE8 support and moved to rem and em units, Rewrote all our JavaScript plugins, Improved auto-placement of tooltips and popovers, Improved documentation.


  • Kelebihan Bootstrap:
  1. Penggunaan bootstrap sangat menghemat waktu.
  2. Tampilan bootstrap yang sudah cukup terlihat modern.
  3. Sangat ringan karena bootstrap di buat dengan sangat terstruktur.
  4. Dan masih banyak lagi kelebihan dan kegunaan dari bootstrap yang akan anda temukan sendiri setelah mencoba membangun sebuah aplikasi berbasis web dengan menggunakan bantuan framework css bootstrap.
  • Cara Menggunakan Bootstrap:

    Untuk cara menggunaan bootstrap yang pertama kali yang harus anda lakukan adalah melakukan instalasi bootstrap. anda dapat mendownload langsung bootstrap pada website resminya di http://getbootstrap.com/getting-started/.



  • Penutup:
Sekian share materi kali ini.

WassalamualaikumWr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »