Installasi CMS PPDB_ONLINE

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai teman - teman berjumpa lagi dengan saya pada postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang cara instal cms di Linux. Jika pada windows kita cukup mendownload filenya, diekstract here kemudian pindahkan ke local disk (C:) lalu dijalankan di localhost/[nama_folder] sudah bisa. Namun berbeda dengan linux, linux harus diberikan hak akses agar dapat diproses dan untuk menyimpan datanya di /var/www/html. Berikut tutorial instal cms ppdb_online.


A. Pengertian:
PPDB ONLINE adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa, mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi hingga proses pengumuman hasil seleksi yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata.

B. Latar Belakang: 
Perkembangan teknologi saat ini makin pesat, kebutuhan akan informasi pun meningkat dan pengolahan data dalam banyak aspek kehidupan manusia sangat penting. Dari perkembangan teknologi yang demikian pesat berdampak pada seluruh kehidupan khususnya penyediaan informasi pada suatu instansi/organisasi atau perusahaan yang membutuhkan sistem pengolahan data secara cepat , tepat, akurat . Untuk menunjang efektifitas, produktifitas, dan efisiensi dalam suatu instansi/organisasi atau suatu perusahaan dalam menyelesaikan masalah administrasi dan menejemen.
Adapun seperti memberikan pelayanan kepada calon siswa baru, maka diperlukan penyusunan suatu sistem pepengelolaan data terkomputerisasi yang baik dan berdaya guna. Sistem tersebut diharapkan dapat mempermudah dan memper cepat dalam pengambilan keputusan dalam organisasi/instansi tersebut. Pengelolaan  informasi pendaftaran siswa baru secara online bertujuan untuk menciptakan kinerja yang efektif dan efisien yang dapat mencakup setiap calon-calon siswa baru di setiap tempat. Dan juga memperkecil biaya yang dikeluarkan.
C. Alat dan Bahan:
  • Komputer/Laptop.
  • LAMPP.
  •  CMS.






D. Maksud dan Tujuan:
  • Meningkatkan mutu layanan pendidikan.
  • Melaksanakan penerimaan siswa baru dengan lebih praktis dan efisien.
  • Memberi fasilitas akses informasi masyarakat dengan cepat dan mudah. 
E. Tahap Pelaksanaan:
  • Buka repository BLC TELKOM-KLATEN kemudian pada url ketikkan.
    203.130.243.185/data.
  • Setelah masuk ke repository BLC-TELKOM,KLATEN buka folder CMS kemudian pilih ppdb_online.zip kemudian download.
  • Setelah selasai download kemudian extract here kemudian  pindah folder ppdb_online ke directori /var/www/html dengan perintah seperti ini.
  • Kemudian kita masuk ke /var/www/html.
 
  • Kemudian beri hak akses agar file dapat terbuka di web browser.
 


  • Kemudian buat database dengan nama ppdb_online, kemudian import file sql yang sudah tersedia di folder.
  • Kemudian edit file koneksi.php . file ini adalah file bawaan dari cms ppdb_online, kita sesuaikan dengan database yang kita buat dan password phpmyadmin di komputer kita(bila anda menggunakan windows password kosong bila memakai linux wajib diisi).
    dengan cara : nano koneksi.php atau dengan masuk ke folder ppdb_online cari file koneksi.php klik kanan edit dengan text editor.
  • Kemudian buka dilocalhost/ppdb_online/user. jika muncul form login berarti anda sudah berhasil.
F. Hasil:
Berhasil menginstal cms ppdb_online.
 
G. Kesimpulan:
Proses PPDB online yang telah dijalankan merubah sistem manual yang dahulunya menggunakan pembukuan dan proses tertulis kini menggunakan sistem terkomputerisasi yang mana mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran dan administrasi. Hanya dengan melakukan pendaftaran online lalu penyerahan bukti dan sesi seleksi calon siswa calon siswa lebih efektif dan efisien dalam prosesnya.
 
H. Referensi:
-
 
I. Penutup:
Sekian postingan dari saya dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »